Portal Informasi
PPID KARAWANG
png-1.png
png-1.png
Kabupaten Karawang
PPID KARAWANG
PORTAL INFORMASI KAB KARAWANG

Jika tidak dapat menemukan Informasi yang diperlukan. Silahkan ajukan formulir permintaan informasi.

Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana tandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Mandiri tentang pengembangan ekonomi desa melalui peningkatan kapasitas BUMDesa

Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana tandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Mandiri tentang pengembangan ekonomi desa melalui peningkatan kapasitas BUMDesa di Kabupaten Karawang, pada Kamis (20/7) bertempat di Aula Husni Hamid Pemkab Karawang Karawang, .

Hadir dalam acara tersebut, Staf ahli Mentri Desa Pengembangan  Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dr. Ir. Ansar Husen, M.Si.,  R CEO Regiob VI Jawa I Bank Mandiri Iman Gunawan. Direktur Keuangan PT.Pupuk Kujang,  General Manager  Mikro PT.Telkom. Kepala Divisi pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog Ramlan Ue. serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut digelar bertujuan untuk  membantu pengembangan sumber daya ekonomi pedesaan melalui peningkatan kapasitas BUMDESA di wilayah Kabupaten Karawang.

Pada Kesempatan tersebut Bupati menyampaikan, “Kita ketahui bersama, pentingnya peran BUMDes yang menjadi agen Lembaga Keuangan Digital (LKD) khususnya kegiatan layanan jasa sistem pembayaran dan keuangan yang dilakukan melalui kerjasama dengan pihak ketiga (agen) dan menggunakan sarana teknologi seperti mobile based maupun web based dalam rangka keuangan inklusif. Disisi lain, sebagai upaya mendorong tumbuh kembang lembaga ekonomi desa menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), serta menampung beragam kegiatan ekonomi masyarakat, baik yang berkembang menurut adat istiadat/budaya setempat maupun kegiatan perekonomian pengelolaanya oleh masyarakat melalui program pemerintah Pusat, Propinsi dan Pemerintah Daerah (Pemda)”, tuturnya.

“Bahwa Badan Usaha Milik Desa dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomi Desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi Desa. BUMDes sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri. oleh karena itu, pemenuhan modal usaha Bumdes harus bersumber dari masyarakat”, imbuhnya.

Namun demikian, melalui kerjasama ini, Bupati berharap kedepannya nasabah tidak perlu datang ke cabang, cukup datang ke agen yang merupakan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bank Mandiri untuk membantu nasabah di tempat-tempat yang lokasinya cukup jauh dari kantor cabang Bank Mandiri.

Menurutnya,  sebagai salah satu sumber PAD di daerah, maka tentu saja BUMDes dituntut agar lebih profesional dan lebih efisien dalam melaksanakan usahanya. Oleh karena itu, berbagai langkah strategis telah, sedang dan akan terus pihaknya lakukan dalam upaya memperbaiki kinerja melalui tiga strategi yakni strategi pengusahaan perusahaan, strategi penumbuhan perusahaan dan strategi penyehatan perusahaan. Selain itu, melalui kerjasama ini juga beliau berharap dapat lebih meningkatkan profesionalisme perusahaan yakni BUMDes, sehingga dapat lebih berkembang sebagaimana yang diharapkan.

Selanjutnya, “Saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Karawang mengucapkan “terima kasih” dan “penghargaan yang setinggi-tingginya” kepada semua pihak atas jalinan kerjasama ini, mudah mudahan dengan kerjasama ini dapat terus menciptakan jalinan silaturahim kita, sehingga apa yang kita laksanakan ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan pembangunan di Kabupaten Karawang”, pungkasnya.(@opa)

 

Share this post