Portal Informasi
PPID KARAWANG
png-1.png
png-1.png
Kabupaten Karawang
PPID KARAWANG
PORTAL INFORMASI KAB KARAWANG

Jika tidak dapat menemukan Informasi yang diperlukan. Silahkan ajukan formulir permintaan informasi.

Di Karawang Buat Akta Kelahiran Bisa Lewat WhatsApps

KARAWANG-Kini membuat Akta Kelahiran tak perlu datang berjubel di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), pendaftaran dan pengiriman berkas bisa melalui WhatsApp.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan mengatakan, program Akta Kelahiran melalui WA dibuka sejak Senin (2/4/2018). Sehingga masyarakat yang ingin membuat  Akta Kelahiran tidak perlu datang ke Disdukcapil Karawang.
"Jadi volume orang yang datang ke Disdukcapil akan berkurang," ujar Yudi ditemui di Kompleks Gedung DPRD Karawang, Rabu ( 4/4/2018).

Yudi mengatakan, persyaratan pembuatan Akta Kelahiran bisa difoto atau discan, kemudian dikirim ke nomor WhatsApp 081293509999. Warga juga bisa menanyakan informasi dan formulir ke nomor tersebut.
"Scan atau foto persyaratan harus jelas dan bisa dibaca," katanya.
Yudi menambahkan, jika persyaratan lengkap Akta Kelahiran akan diproses. Sedangkan jika belum lengkap, akan diinformasikan melalui WhatsApp.
Kutipan Akta Kelahiran yang siap diambil, tambah Yudi, akan diinformasikan melalui WhatsApp. "Masyarakat dapat mengambil kutipan Akta Kelahiran dengan membawa persyaratan fisiknya," tandasnya.
Sebenarnya, Yudi berharap pembuatan Kartu Keluarga (KK) juga menggunakan sistem serupa. Hanya saja, pihaknya masih keterbatasan personel, terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS).
"PNS cuma ada 37," katanya.

Kartu Identitas Anak
Ke depan anak-anak umur 0 hingga 17 tahun di Karawang akan memperoleh Kartu Identitas Anak (KIA). Sebab, Karawang bersama enam kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat menjadi daerah penerapan KIA. Pasalnya, pembuatan Akta Kelahiran di  Karawang pada tahun 2018 mencapai 90 persen atau melebihi target nasional sebesar 87 persen. Jumlah anak di Kabupaten Karawang sekitar 600.000 orang.
"Anak-anak umur 0 hingga lima tahun akan mendapat KIA tanpa foto. Sementara umur enam hingga 17 tahun, sebelum memperoleh KTP, akan memperoleh KIA berfoto," katanya.
Kedepan, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak perihal keuntungan mempunyai KIA, misalnya diskon naik kereta dan membeli buku.
 

Tags Berita: 

Share this post