Portal Informasi
PPID KARAWANG
png-1.png
png-1.png
Kabupaten Karawang
PPID KARAWANG
PORTAL INFORMASI KAB KARAWANG

Jika tidak dapat menemukan Informasi yang diperlukan. Silahkan ajukan formulir permintaan informasi.

Karawang,- Upaya meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara, maka dalam rangka Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada Tanggal 4 Februari 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang mengadakan pencanangan kegiatan Inovasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan kangker payudara yaitu Desa "SAKING CINTA" (Saatnya Skrining iva dengan cara Inspeksi Organ Wanita) yang melibatkan 50 Puskesmas yang ada di Kabupaten Karawang untuk memilih satu desa/RW unggulan dalam pelayanan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Hadir dalam acara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karawang Ny. Ida Zamakhsyari, para Kepala Dinas dan Camat serta Kepala UPTD Puskesmas lingkup Pemkab Karawang. Jumat (08/02), bertempat di Lapang Kantor Camat Cikampek.

Pada kesempatan itu Bupati mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan untuk memberikan kesadaran kepada kaum perempuan untuk semakin peduli terhadap kesehatannya mengingat angka kematian akibat kanker leher rahim dan payudara masih sangat tinggi.

"Saya harapkan kegiatan ini tidak hanya sekedar pencanangan, melainkan diikuti gerakan bersama dalam mendeteksi kanker serviks dan payudara, sehingga semakin banyak wanita yang peduli terhadap dirinya dalam melakukan pencegahan lebih dini,”tegasnya.

Melalui Gerakan ini lanjut Bupati, "Kami berharap dapat mendorong upaya kuat dalam meningkatkan cakupan deteksi dini penyakit kanker leher rahim dan payudara di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang serta meningkatnya komitmen dalam melakukan komunikasi dan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat dalam mengurangi faktor resiko penyakit kanker leher rahim dan payudara dengan melalukan pemeriksaan secara berkala,”ujarnya

Akhir sambutan Bupati menyampaikan terimakasihnya pada semua unsur yang terlibat pada acara tersebut. 
“Saya Pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih pada semua panitia dan seluruh unsur yang telah melaksanakan kegiatan ini, walaupun kegiatan ini Non APBD, hanya mengandalkan swadaya sendiri dan dibantu oleh Rumah Sakit Swasta yang ada di Karawang, semoga apa yang telah dilakukan oleh anda semua, menjadi ladang pahala dan mendapat ridho dari Alloh SWT", ungkapnya.

Sementara itu menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dr. H. Nurdin Hidayat menyampaikan bahwa di Kabupaten Karawang, program penapisan kanker leher rahim dan kanker payudara telah berlangsung sejak Tahin 2007, dimana Kabupaten Karawang sebagai Pilot Project deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara. Sasaran adalah Wanita Usia Subur (WUS) 30 - 50 tahun. Adapun WUS 30 - 50 tahun di kabupaten Karawang adalah 395.354, dan yang harus ditapid sebanyak 50% dari jumlah WUS 30 - 50 tahun selaman kurun waktu 5 tahun.

Ditambahkannya, sampai saat ini Kabupaten Karawang telah menapis kurang lebih 18.699 orang dari jumlah yang seharusnya diperiksa 17.870 WUS 30 - 50 tahun (26,01%). Masih banyak WUS 30 - 50 tahun yang belum diperiksa IVA dan SADANIS, dengan demikian perlunya peningkatan kesadaran masyarakat untuk mau diperiksa IVA dan SADANIS demi menurunnya angka kesakitan dan kematian wanita dari bahaya kanker leher rahim dan kanker payudara. (diskominfo).

Share this post